- Back to Home »
- soal ujian tengah semester unnes ipa terpadu 2014
Posted by : Unknown
Kamis, 18 Desember 2014
Nama : Risyanti
NIM : 4001414040
Jawaban Soal Ujian Tengah Semester (UTS) Mata
Kuliah Ipa Dasar.
1.
Jelaskan
hakikat ipa dan pembelajaran ipa ? pengembangan ipa dilakukan dengan metode
khusus yang disebut metode ilmiah, jelaskan langkah – langkah metode ilmiah ?
Jawab :
·
hakikat
IPA tidak hanya pada dimensi pengetahuan (keilmuan) tetapi juga menekankan pada
dimensi nilai ukhrawi. Hal ini
berarti memperhatikan keteraturan di alam semesta akan semakin meningkatkan
keyakinan akan adanya sebuah kekuatan yang Mahadahsyat yang tidak dapat
dibantah lagi yaitu Allah SWT. Dengan dimensi ini, pada hakikatnya IPA
mentautkan antara aspek logika-materiil dengan aspek jiwa-spiritual.
·
Hakikat
pembelajaran IPA lebih ditekankan pada pendekatan keterampilan proses, hingga siswa
dapat menemukan fakta-fakta, membangun konsep-konsep, teori-teori dan sikap
ilmiah siswa itu sendiri yang akhirnya dapat berpengaruh positif terhadap
kualitas proses pendidikan maupun produk pendidikan. Selama ini proses belajar
mengajar hanya menghafalkan fakta, prinsip atau teori saja. Untuk itu perlu
dikembangkan suatu model pembelajaran
IPA yang melibatkan siswa secara aktif dalam kegiatan pembelajaran untuk
menemukan atau menerapkan sendiri ide-idenya. Guru hanya memberi tangga yang
membantu siswa untuk mencapai tingkat pemahaman yang lebih tinggi tetapi harus
diupayakan agar siswa dapat menaiki tangga tersebut.
Metode ilmiah
:
Merumuskan masalah.
Merumuskan hipotesis.
Mengumpulkan data.
Menguji hipotesis.
Merumuskan kesimpulan.
2.
Ada
sebuah kasus
Dilembar
jawaban
3.
Jelaskan
apa yang dimaksud dengan ekosistem ? rincikan ekosistem apa saja yang ada
dibumi dan sekitar anda? Lengkapi dengan gambar.
Jawab :
Ekosistem secara
sederhana adalah interaksi atau proses hubungan timbal balik antara organisme
mahluk hidup dengan lingkungan sekitarnya.
Ada bermacam-macam ekosistem di dunia ini, yang secara garis
besar dibagi ke dalam dua kategori yakni:
a.
Ekosistem
Alamiah: yakni ekosistem yang terbentuk secara alamiah tanpa adanya campur
tangan manusia. Contoh ekosistem ini antara lain ekosistem sungai,
ekosistem gurun, ekosistem terumbu
karang, ekosistem
savanah, ekosistem laut dan masih banyak lagi lainnya.

b.
Ekosistem
Artifisial atau buatan: yakni ekosistem yang terbentuk berkat campur tangan
manusia. Ekosistem buatan ini diciptakan untuk memenuhi kebutuhan manusia.
Meski keanekaragaman ekosistem buatan manusia jauh lebih terbatas. Adapun
macam-macam ekosistem buatan antara lain ekosistem sawah,
perkebunan sawit, ekosistem pemukiman misalnya perkotaan atau pedesaan,
eksosistem bendungan, ekosistem hutan buatan, agroekosistem dan masih banyak
lagi lainnya.
jenis
ekosistem yang tercipta tanpa bantuan tangan manusia ini dibagi lagi ke dalam
dua pembagian umum yakni:
1)
Ekosistem akuatik atau air.
2)
Ekosistem daratan terestrial.
Ada
bermacam-macam ekosistem akuatik atau air, antara lain:
-
Ekosistem air tawar. - Ekosistem air laut.


-
Ekosistem terumbu karang.

Sementara
itu, macam-macam ekosistem yang tercakup di dalam ekosistem daratan adalah
a)
Ekosistem hujan tropis.

b)
Ekosistem gurun atau savanna.

c)
Ekosistem Tundra.

d)
Ekosistem hutan gugur.

e)
Ekosistem krast atau batu gamping dan gua.

4.
Apa yang
dimaksud dengan homeostatis dan apa saja dalam jaringan intrnal yang harus
dipertahankan kehomeostasisan ? apa yang dimaksud dengan biolistrik?
Jawab :
Homeostasis adalah kondisi statis dinamis internal
tubuh yang relative dipertahankan secara konstan terhadap berbagai rangsang..
Lingkungan internal tubuh yang harus dipertahankan
homeostasisnya adalah:
·
Konsentrasi molekul nutrisi
· Konsentrasi O2 dan CO2
· konsentrasi zat sisa
· PH
· Konsentrasi cairan, garam dan
elektrolit
· Suhu
· Volume dan tekanan
Biolistrik adalah kelistrikan di dalam sel atau
jaringan hidup.
5.
Jelaskan
bagaimana daun dapat mengubah air dan karbondioksida menjadi zat gula? Tuliskan
persamaan reaksinya
Jawab
Struktur
dalam daun dapat mengubah energi sinar matahari menjadi energi kimia yang dapat
digunakan tumbuhan sebagai makanan. Klorofil adalah molekul dalam daun yang
menggunakan energi sinar matahari untuk mengubah air (H2O) dan gas karbon
dioksida (CO2) menjadi gula dan oksigen gas (O2).
CAHAYA
Persamaan
reaksinya : 6CO2 + 6H2O
---------> C6H12O6 + 6O2
KLOROFIL
6.
Jelaskan
dan berikan contoh masing – masing
a.
Unsur
adalah zat tunggal yang tidak dapat diuraikan
menjadi zat-zat lain yang lebih sederhana dengan reaksi kimia biasa. Contoh : :
besi, alimunium, seng, tembaga, air, raksa, emas, platina, perak,
fosfor,hidrogen, okigen, dan nitrogen.
b.
Senyawa
adalah zat yang terbentuk dari penggabungan
unsur-unsur dengan pembagian tertentu. Contoh : , karat besi (hematit) berupa
Fe2O3 dihasilkan oleh reaksi besi (Fe) dengan oksigen (O). reaksi antara gas
hidrogen dan gas oksigen membentuk senyawa air yang berwujud cair
c.
Campuran
adalah gabungan dari dua zat atau lebih yang hasil
penggabungan nya masih mempunyai sifat yang sama dengan zat aslinya. Contoh : ,
campuran antara air dan gula menghasilkan cairan yang berasa manis.
7.
a. Why
do snowshoes keep you from sinking into the snow.
Jawab
Karena
Orang-orang yang hidup di daerah bersalju secara langsung atau tidak telah memanfaatkan
konsep tekanan. Mereka membuat sepatu salju yang luas alasnya besar sehingga
mampu memperkecil tekanan berat tubuhnya pada salju. Hal ini mempermudah mereka
berjalan di atas salju sehingga tidak terbenam di salju.
b.
Why do swimmers float better in the ocean than in a lake
jawab
Karena laut memliki
kedalaman yang lebih dalam dari pada danau, dan ada kandungan garam di laut
yang membuat perenang bisa mengapung saat berenang di kaut dari pada berenang
di danau.
c.
Why is denser, earth or the sun? explain
jawab
Lebih padat bumi,
karena bumi tersusun dari beberapa unsur yang memiliki kepadatan yang
berbeda-beda dan massa bumi lebih besar dari pada matahari sehingga kepadatan
bumi lebih besar dibandingkan dengan kepadatan matahari yang hanya tersusun
dari unsur gas.